Ketika Pekerjaan dan Keinginan berebut tempat

Seringkali ketika bekerja kita mendapat telepon atau sms berkaitan dengan urusan pribadi.  Seringkali ketika sedang bekerja keinginan untuk membuka email pribadi dan facebook muncul.

Ketika hal-hal pribadi tersebut muncul dan kita tindak lanjuti akibatnya akan memakan waktu yang cukup banyak.  Lalu sebaiknya apa yang harus kita lakukan? Apakah waktu kerja untuk bekerja saja dan waktu pribadi hanya untuk kepentingan pribadi saja.  Apakah kita harus memisahkan kedua waktu tersebut?

Jawaban yang klise sering saya dengar adalah dengan mefokuskan tetap pada pekerjaan, hal-hal yang berkaitan dengan pribadi tetap boleh dikerjakan sepanjang tidak mengganggu pekerjaan.

Saya punya jawaban sendiri, yaitu : pada dasarnya tidak ada yang disebut dengan urusan pekerjaan dan urusan pribadi.  Semuanya adalah urusan pribadi kita sebagai manusia.  Semuanya memiliki urgensitas/tingkat kepentingannya masing-masing.  Jadi kita mengelola kegiatan/aktivitas kita berdasarkan skala prioritas.

Lalu bagaimana ketika semuanya terasa penting?

Tanyalah pada hati mana yang lebih penting, mana yang berisiko paling tinggi.  Setelah itu kerjakan dan ikhlaskan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s