Ketika manusia masih mencari

Saya setuju dengan ungkapan “orang pintar menemukan jawaban pertanyaan melalui pencariannya, sedangkan orang genius menemukan jawaban melalui pencarian orang lain” begitu kira-kira bunyinya.  Hari ini saya mencoba untuk bisa menulis kembali–dalam artian yang sesungguhnya, setelah mungkin hampir 8 tahun sejak terakhir saya lulus kuliah di tahun 2001.

Pada awalnya keengganan menulis terlalu besar, yang setelah saya pahami disebabkan oleh kekhawatiran saya.  Kekhawatiran bahwa saya tidak bisa merangkai kata-kata dengan benar, bahwa saya harus belajar dulu, bahwa saya sekarang sibuk, dan bahwa menulis ini tidak ada gunanya.

Sering saya dengar kata “…orang yang sedang mencari jati dirinya…”, terdengar seperti sesuatu yang tidak logis, tidak penting dan bodoh.

Sekarang saya mengalami hal tersebut, bersyukur saya akhirnya diberi berkah oleh Tuhan untuk dapat bertanya kepada diri sendiri.  Untuk apa saya ada di sini?

Lalu apa yang saya lakukan.  Saya membaca, saya bertanya, saya berkaca.  Puji syukur saya diberikan terang tanpa perlu berlama-lama.

Ya Tuhanku Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, mendekatiMu adalah dengan mengenal diriku.  Mencari jawaban adalah dengan melihat gerak tanganku, mengenal gerak kakiku, mengarahkan pandangan mataku, mendengarkan sekitarku, mencium semua aroma yang menghinggapiku, meraba setiap permukaan, meresapi setiap asupan, lalu yang paling indah adalah ketika membuka jendela hati dan perasaan seluas-luasnya.

Saat itu aku tidak lagi bertanya padaMu, karena Engkau berikan begitu banyak jawaban yang aku sendiri tak minta.  Ya Tuhanku, Engkau berikan aku pengetahuan.

“…Aku bertanya, Kau tak menjawab…Aku diam dalam hening, Kau beri aku limpahan…”

Alhamdulillah

Leave a Reply

